Kabin Lapang
Xenia memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.690 mm dan wheelbase 2.750 mm. Ketika masuk ke dalam, interior terasa lapang. Memang semakin panjang 205 mm dibandingkan versi sebelumnya. Lebarnya pun dibuat melar 70 mm dan tinggi lebih jangkung 5 mm. Yang membuatnya lebih lega juga adalah wheelbase lebih panjang 95 mm.
Kabin yang lapang juga didukung oleh desain interior yang tertata apik. Material yang dipakai oleh Daihatsu Xenia 1.5 R ASA ini juga lembut dan halus. Sejumlah tombol pengaturan pun mudah dijangkau. Di kabin belakang tersedia 2 port untuk charging smartphone, sehingga anak-anak saya mudah untuk mengisi daya.
Sistem Infotainment
Monitor head unit dengan layar sentuh 9 inci model floating yang terletak di tengah dashboard sangat membantu menghilangkan kejenuhan dan kebosanan selama perjalanan panjang. Konektivitas Android Audio dan Apple Carplay yang didukung oleh kualitas suara yang baik membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan.
Selama Lebaran Drive 2024, kami lebih sering menggunakan Android Audio karena perjalanan kami kebanyakan ke luar kota, seperti ke Bandung, Rancabali, Bogor, dan Pelabuhan Ratu. Penggunaan radio hanya kami lakukan di dalam kota Jakarta.
Mengoperasikan fitur Android sangat mudah. Cukup sambungkan kabel ke port USB di sisi kiri layar sentuh, dan smartphone akan langsung terhubung. Kami dapat menggunakan Google Maps untuk navigasi dan mendengarkan koleksi lagu dari YouTube secara bersamaan. Kami sangat menyukai kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker bawaan pabrik.
Fitur Keselamatan
Saya merasa ada tiga fitur keselamatan yang sangat berguna selama perjalanan Mudik Raya yang lalu, yaitu Collision Warning Function (CWF), Lane Departure Warning (LDW), dan Lane Departure Prevention (LDP). Dua fitur terakhir ini memiliki fungsi yang saling terkait.
Dalam kemacetan yang tidak biasa, fitur CWF memberikan peringatan kepada pengemudi yang tidak waspada, sehingga dapat menghindari tabrakan atau gesekan. Hal serupa terjadi ketika pengemudi berganti jalur tanpa menyalakan lampu sein; layar peringatan dari LDW dan LDP muncul di layar MID dan setir akan memberikan resistensi untuk mengarahkan kembali kendaraan ke jalurnya. Ini mencegah mobil berpindah jalur secara sembarangan dan meningkatkan keselamatan pengguna jalan lainnya.
Hill Start Assist (HSA) juga sangat berguna. Fitur ini hanya tersedia pada dua tipe teratas yaitu Xenia 1.5 R dan 1.5 R ASA. Ketika berhenti di tengah-tengah tanjakan pada saat macet karena saking padatnya, saya tak perlu mengeluarkan effort berlebih untuk menjaga mobil agar tidak mundur. Lebih santai. (EKA/ODI)